breaking news New

Kuliner Dari Olahan Bebek Khas Indonesia

Selain ayam, bebek juga menjadi salah satu jenis unggas yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang gurih dan tekstur dagingnya yang lembut serta memiliki aroma yang khas, membuat kukiner dari bebek sangat digemari.

Namun, perlu diperhatikan bahwa daging bebek memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, khususnya bagi penderita kolesterol perlu diperhatikan dalam mengkonsumsinya.
Nah, untuk Kamu yang suka dengan olahan makanan dari bebek, berikut adalah kuliner dari olahan bebek khas Indonesia yang harus dicicipi.

1. Bebek Timbungan

Kuliner olahan bebek yang pertama yaitu bebek timbungan yang merupakan makanan khas dari Bali. Bebek timbungan diolah dengan cara yang unik, yaitu dengan menggunakan potongan bamboo.

Daging bebek yang sudah diberi rempah khas Bali kemudian dimasukkan ke dalam potongan bamboo. Proses memasaknya pun memerlukan waktu hingga 15 jam lamanya.
Namun, hasil dari proses memasaknya yang begitu lama, kuliner ini memiliki rasa yang nikmat dan bisa membuatmu ketagihan.

2. Bebek Kuwali

Konon kuliner yang satu ini terinspirasi dari lagu anak-anak yaitu potong bebek angsa lho. Jika Kamu sudah pernah mengunjungi daerah Kota Batu, Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, bebek ini diolah dan disajikan di dalam kuwali yang terbuat dari tanah liat. Kemudian bebek direbus dengan diberi rempah-rempah dan bumbu. Jenis bebek yang digunakan berjenis manila atau sering disebut dengan enthok yang memiliki daging yang tebal.

Kuliner olahan bebek yang satu ini disajikan dengan kuah kuning yang kental dan memiliki aroma rempah yang kuat serta pedas.

3. Bebek Bacem

Bebek bacem merupakan kuliner khas dari Klaten, Jawa Tengah. Seperti yang diketahui, daerah Jawa Tengah memang terkenal dengan aneka baceman seperti tahu bacem, tempe bacem dan telur bacem. Tidak kalah, bebek bacem pun memiliki cita rasa yang tak kalah nikmat.

Daging bebek diolah dengan tambahan santan, gula Jawa, dan aneka bumbu serta rempah-rempah yang khas sehingga membuatnya meresap pada daging bebek.
Biasanya bebek bacem disajikan dengan tambahan nasi hangat, sambal dan lalapan supaya semakin lengkap. Tampilannya yang mengkilap dan memiliki tekstur yang tampak basah, sangat menggoda untuk segera disantap.


Itulah beberapa makanan yang berasal dari olahan bebek khas Indonesia. Tentu saja masih banyak lagi rekomendasi makanan olahan dari bebek lainnya mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keberagaman kuliner di setiap daerahnya.