breaking news New

KULINER KHAS KOTA AMBON DARI PAPEDA HINGGA SAMBAL COLO-COLO YANG WAJIB KAMU COBA

Ambon merupakan salah satu wilayah yang ada di Indonesia bagian Timur yang terkenal kaya akan potensi wisata alam yang indah dan menarik. Selain eksplorasi keindahan pesona alam dari Ambon, banyak olahan kuliner dari Ambon yang menggunakan bahan utama sagu, yang merupakan sumber daya khas dari daerah ini. Berikut ulasan mengenai sajian kuliner makanan khas Ambon yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Ambon.

1. Papeda
Papeda merupakan olahan sagu yang sudah dikenal sebagai makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari sagu. Papeda memiliki tekstur kenyal dan lembut. Sagunya diberi sedikit garam dan merica memberikan sedikit rasa gurih. Biasanya papeda dipasangkan dengan kuah kuning dan beberapa lauk seperti ikan tongkol ataupun ikan tuna.

Cara mengambil olahan yang satu ini menggunakan alat yang menyerupai sumpit, namun alat ini lebih besar dan lebih Panjang. Alat ini digunakan untuk menggulung papeda lalu menyajikannya ke mangkuk kuah yang berisi bumbu kuning ataupun kuah lainnya.

2. Ikan Komu Asar Ikan Asap Khas Ambon
Kuliner olahan ikan yang dikenal dengan nama ikan komu asar ini berasal dari jenis ikan tongkol, cakalang, atau tuna. Mengolah ikan ini dengan cara diasap menggunakan tusuk bambu, lalu dibungkus daun pisang, kemudian diasap selama sekitar satu jam. Ikan ini dimakan menggunakan nasi dan sambal colo-colo, perpaduan tersebut sangat pas untuk menyantap santapan ini.

3. Sambal Colo-Colo
Sambal colo-colo seringkali hadir menjadi pendamping makanan yang disantap masyarakat Ambon. Sambal yang disajikan tanpa diulek ini terbuat dari berbagai rempah-rempah khas seperti bawang merah, cabai rawit, tomat dan daun seledri. Kemudian semua bahan ini dicampur dan diberi tamburan garam dan perasan jeruk nipis untuk menambah cita rasa asam dan pedas. Selain bahan tadi, sambal colo-colo ini bisa juga ditambahkan dengan irisan kenari mentah, daun kemangi, dan tambahan kecap manis.

4. Talam Sagu Bakar
Selain papeda, ada lagi makanan khas Ambon yang berbahan dasar sagu, yaitu talam sagu bakar. Kue yang satu ini memiliki cita rasa manis yang berasal dari campuran kenari dengan kacang brenebon, sangat cocok untuk dijadikan camilan sambil minum teh.