Intip Penyebab Utama Masalah Kaki Tidak Bisa Ditekuk

gambar tersebut menyebutkan penyebab masalah kaki tidak dapat ditekuk gambar tersebut menyebutkan penyebab masalah kaki tidak dapat ditekuk

Intip Penyebab Utama Masalah Kaki Tidak Bisa Ditekuk

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Jadi apabila ada masalah seperti kaki tidak bisa ditekuk maka pastinya akan sangat menyulitkan.

Apalagi jika bagian lutut sakit bisa dipastikan jika kegiatan sehari-hari akan terganggu. Untuk itulah Anda harus mengenali penyebabnya sekaligus cara terbaik untuk mengobati kondisi agar tidak semakin parah.

Penyebab Utama Kaki Tidak Bisa Ditekuk

Kaki yang sakit hingga tidak bisa ditekuk ini sebenarnya disebabkan oleh berbagai kondisi. Adapun berbagai kondisi tersebut diantaranya:

  1. Cedera

Mengalami cedera di bagian kaki ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab utama kaki tidak bisa ditekuk. Hal ini karena saat kaki cedera maka bagian lain seperti tulang rawan, ligamen, dan tendon mengalami ketegangan bahkan hingga kerusakan.

Jadi apabila salah satu bagian dari kaku ini terlalu tegang atau sobek maka saat itulah Anda akan mengalami yang kaki yang tidak dapat ditekuk. Apabila bisa pun biasanya akan terasa sangat menyakitkan.

  1. Bursitis

Bursitis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian bursa. Adapun bursa sendiri adalah sebuah kantong yang berisi cairan pelumas yang letaknya ada di antara tulang dan jaringan lunak.

Bursitis ini umumnya muncul di beberapa sendi yang sering digerakan seperti bahu, siku, pinggul, lutut dan kaki. Keadaan ini dapat menyebabkan kaki Anda jadi kaku dan terasa menyakitkan saat ditekuk.

Adapun bursitis ini seringkali terjadi bila Anda terlalu lama berlutut atau sebelumnya menekuk kaki dalam waktu yang lama. Disamping itu benturan yang keras, kecelakaan dan cedera di bagian kaki juga bisa menjadi penyebab utama dari kondisi ini.

  1. Keseleo

Keseleo atau Terkilir di bagian kaki ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kaki tidak bisa ditekuk. Adapun keseleo atau terkilir ini bisa menyebabkan ligamen yang ada di kaki menjadi tegang atau bahkan sobek.

Inilah yang kemudian membuat kaki jadi sakit dan tidak bisa ditekuk bahkan tidak bisa diluruskan. Rasa sakit yang muncul karena keseleo sendiri umumnya sangat beragam tergantung dari tingkat keparahan kerusakan yang terjadi.

  1. Robekan Meniskus

Meniskus merupakan sebuah lapisan dari tulang rawan yang ada di kaki bagian lutut. Adapun fungsinya adalah untuk melindungi dan menstabilkan persendian.

Jadi saat Anda menggerakan sendi maka lapisan tulang rawan inilah yang akan membuat tulang kering dan tulang paha tidak bergesekan satu sama lain. Jadi apabila meniskus rusak atau mengalami robekan pastinya akan berbahaya.

Robekan meniskus ini sendiri biasanya terjadi karena Anda yang tanpa sadar sering melakukan gerakan memutar di sendi saat kaku dalam keadaan menapak dan sendi lutut di posisi menekuk.

Selain itu kecelakaan juga bisa menyebabkan meniskus robek. robekan inilah yang membuat bagian sisi luar maupun dalam kaki terasa nyeri kaku hingga sulit untuk digerakan.

  1. Osteoarthritis

Keluhan yang satu ini sering kali menjadi penyebab terjadinya nyeri di area kaki khususnya lutut ketika usia sudah memasuki 50 tahun ke atas. Disamping itu riwayat cedera yang pernah dialami juga bisa menjadi salah satu faktor resiko terkena osteoarthritis.

Penderita osteoarthritis ini biasanya mempunyai sendir yang membengkak. Apalagi pada pagi hari biasanya kakinya akan terasa kaku dan bahkan kaki tidak bisa ditekuk hingga sulit digerakan.

  1. Patellar Tendonitis

Penyebab kaki sakit dan tidak bisa ditekuk bisa juga karena ada tendon yang bermasalah. Tendon sendiri adalah sebuah jaringan yang kuat dimana letaknya berada di persendian.

Apabila Anda melakukan kegiatan berlebihan atau olahraga secara terus menerus maka bisa jadi tendon akan terasa nyeri dan meradang. Akibatnya kaki menjadi sakit, kaku dan tidak bisa ditekuk maupun digerakan.

  1. Fraktur

Fraktur atau patah tulang merupakan salah satu penyebab nyeri di kaki khususnya lutut. Bahkan fraktur ini juga bisa menyebabkan kaki tidak bisa ditekuk.

Adapun penyebab dari terjadinya fraktur sendiri adalah usia yang sudah tidak muda lagi, osteoporosis dan kecelakaan lalu lintas.

  1. Penyakit yang Serius

Dalam kasus kaki tidak bisa ditekuk bisa juga diakibatkan karena kondisi medis yang serius seperti kanker tulang. Apalagi jika kondisi yang Anda alami sering dan terasa semakin sakit dari hari kehari.

Pada dasarnya pengobatan pada kaki yang sakit dan tidak bisa ditekuk ini harus disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk itulah dengan mengetahui penyebabnya Anda akan lebih mudah dalam melakukan penanganan atau pertolongan awal.