Mengenal Sejarah Bulu Tangkis, Olahraga Populer di Indonesia

gambar tersebut menyebutkan tentang sejarah bulutangkis indonesia gambar tersebut menyebutkan tentang sejarah bulutangkis indonesia

Mengenal Sejarah Bulu Tangkis, Olahraga Populer di Indonesia

Bulu tangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga yang begitu populer di Indonesia. Bukan hanya populer saja, namun sudah banyak prestasi yang ditorehkan oleh atlet-atlet nasional dalam dunia bulu tangkis.

Sebut saja prestasi dari Susi Susanti di Olimpiade Barcelona 1992 hingga perolehan medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020 silam oleh Greysia Polli/Apriyani. Prestasi ini juga yang membuat bulu tangkis semakin populer di tanah air.

Namun popularitas bulu tangkis sampai seperti sekarang tentunya memiliki perjalanan panjang. Karena faktanya, olahraga ini sudah dikenal sejak zaman mesir kuno atau sekitar 2000 tahun yang lalu.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang sejarah perkembangan olahraga badminton. Kalian bisa simak pembahasan dibawah jika ingin tahu asal mula dan perkembangan badminton.

Sejarah Awal Mula Munculnya Olahraga Bulu Tangkis atau Badminton

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, badminton adalah olahraga yang sudah muncul sejak era mesir kuno atau sekitar 2000 tahun lalu. Meski demikian, olahraga ini juga sudah mulai dikenal di daratan china hingga india.

Badminton sendiri diperkirakan berasal dari permainan tionghoa yakni jianzi. Jianzi sendiri adalah permainan yang hampir sama dengan badminton, memakai bola kock namun tidak memakai raket.

Dalam permainan jianzi, inti permainannya sama dengan badminton. Jadi pemain harus menjaga agar pukulan kok dari lawan tidak menyentuh tanah untuk dapat memperoleh poin.

Kemudian di tanah Inggris, tepatnya di jaman pertengahan, anak-anak di sana banyak yang memainkan permainan battledores dan shuttlecocks. Dalam permainan ini, pemain akan menggunakan dayung/tongkat guna menjaga bola agar tidak menyentuh tanah.

Dalam sejarahnya, bulu tangkis dipercaya dibawa oleh Inggris ke negara-negara seperti Jepang, China hingga Thailand. Di era itulah permainan ini mulai populer di kalangan anak-anak.

Bulu tangkis kemudian masuk kedalam dunia kompetisi pada abad ke-19. Orang yang membawa olahraga ini ke dunia kompetitif adalah seorang petugas tentara britania raya di Pune, India.

Kala itu, pemain sudah mulai menggunakan net dalam permainannya seperti yang kalian lihat sekarang. Setelah itu, sekitar tahun 1850-an para tentara Inggris membawa permainan tersebut kembali ke Inggris.

Pada tahun 1860-an, nama badminton resmi diperkenalkan kepada dunia. Melalui sebuah pamflet berjudul “badminton battledore – a new game” yang ditulis oleh issac spratt nama badminton mulai dikenal masyarakat luas.

Peraturan bulu tangkis sendiri pertama kali ditulis pada tahun 1877 oleh klub Badminton Bath. Kemudian di tahun 1893, asosiasi bulu tangkis di tanah Inggris mulai dibentuk.

Pada tahun 1934, International Badminton Federation (IBF) terbentuk. Ini adalah asosiasi olahraga badminton yang sekarang kalian kenal dengan nama Badminton World Federation atau BWF.

Perkembangan Olahraga Badminton di Indonesia

Awal mula olahraga badminton dikenal oleh masyarakat Indonesia itu dimulai pada tahun 1930-an. Lalu di tahun 1933 berdiri organisasi bulu tangkis Indonesia Bernama bataviase badminton bond dan bataviase badminton league.

Setelah berdirinya organisasi tersebut, mulai banyak bermunculan kejuaraan bulu tangkis. Kala itu, kebanyakan kompetisi bulu tangkis masih terpusat di pulau jawa, kebanyakan di daerah Jawa Barat.

Dengan perkembangannya yang begitu pesat, maka terbentuklah persatuan bulu tangkis seluruh Indonesia atau yang dikenal juga sebagai PBSI. Organisasi ini terbentuk pada tahun 1951 untuk menaungi bulu tangkis

Semenjak pbsi didirikan, kongres pertama pun digelas guna membahas tentang aturan dan tujuan olahraga bulu tangkis itu sendiri. Di kongres tersebut juga dibahas tentang kompetisi atau kejuaran dari bulu tangkis.

Salah satu kompetisi bulu tangkis yang paling populer di tanah air adalah Indonesia open. Kompetisi ini pertama kali diadakan pada tahun 1982 di Jakarta dan masih terus aktif setiap tahunnya hingga sekarang

Indonesia open sendiri memang menjadi kompetisi tertinggi tingkat nasional untuk cabang olahraga bulu tangkis. Pada tahun 2011-2017, Indonesia Open ditetapkan sebagai turnamen super series premier dengan hadiah terbesar.

Kemudian bwf kembali mengubah status kompetisi ini pada tahun 2018. Indonesia open masuk pada kategori grade 2 level 2 berpredikat BWF World Tour Super 1000 yang menjadi turnamen internasional dan diikuti oleh pemain-pemain terbaik dunia.